Bantu Scale Up Startup & Idemu, Yuk Daftar Astranauts 2023

adv

Saat ini ada berbagai kompetisi atau program inkubasi untuk mengembangkan startup maupun ide inovasi di bidang digital dan teknologi. Salah satunya melalui Astranauts yang merupakan kompetisi inovasi digital dan teknologi untuk startup dan mahasiswa dari PT Astra International Tbk (ASII).
Pada pelaksanaan tahun kedua ini, Astranauts mengangkat tema “Building A Sustainable Future Through Technology” dan mencari inovasi di bidang sustainability, edu-tech, emerging tech, health, agribusiness, mobility, fin-tech, logistic, serta media & entertainment.

ASII menginisiasi Astranauts untuk mendukung perkembangan inovasi digital bagi startup dan mahasiswa di Indonesia, sekaligus menjawab tantangan bisnis dan teknologi yang dapat berkontribusi pada isu sustainability saat ini dan di masa depan.

Lalu, inovasi digital dan teknologi apa saja dari startup dan mahasiswa yang dicari oleh Astranauts 2023?

Sustainability

Startup atau ide inovasi digital dan teknologi untuk mendukung masa depan yang berkelanjutan, dengan dampak yang ditujukan bagi lingkungan, ekonomi, dan sosial. Selain itu, topik ini juga tidak terbatas pada isu energi, limbah, dan tanggung jawab lingkungan saja.

Edu-tech

Startup atau ide inovasi digital dan teknologi untuk membantu memberdayakan siswa atau guru dalam hal pendidikan. Teknologi yang dihasilkan tersebut nantinya bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil dari pembelajaran.

Topik ini terdiri tidak terbatas pada e-learning, Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR), ataupun gamifikasi pembelajaran.

Emerging Tech

Startup atau ide inovasi digital dan teknologi nan canggih untuk meningkatkan efisiensi dalam setiap bisnis proses. Topik ini tidak terbatas pada blockchain, Web3, Artificial Intelligence (AI), Machine Learning, virtual reality (VR)dan augmented reality (AR), hingga Internet of Things (IoT),namun masih banyak lainnya.

Healthtech

Startup atau ide inovasi digital dan teknologi untuk mencegah, mendiagnosis, memantau, atau mengobati penyakit dan atau kondisi medis lainnya. Penggunaan teknologi tersebut untuk meningkatkan ekosistem perawatan kesehatan yang ada saat ini.

Selain itu, topik ini tidak terbatas pada perangkat medis, asisten digital, sistem pendukung untuk rumah sakit, dan layanan kesehatan bergerak saja, namun inovasi atau terobosan penunjang layanan kesehatan lain.

Agritech

Startup atau ide inovasi digital dan teknologi yang bisa diimplementasikan pada bidang pertanian, perikanan, ataupun budidaya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengolahan, produksi, maupun distribusi. Topik ini tidak terbatas pada pengemasan makanan, mobilisasi ternak, otomatisasi proses, hingga pertanian presisi saja.

Mobility

Startup atau ide inovasi digital dan teknologi untuk membantu orang atau komunitas dalam bergerak dan beraktivitas sehari-hari. Topik ini tidak terbatas pada teknologi autonomous driving, mobility-as-a-service, kendaraan listrik, micro mobility, dan Transit Oriented Development (TOD).

Fin-tech

Startup atau ide inovasi digital dan teknologi untuk membantu dan memudahkan masyarakat dalam di bidang layanan keuangan. Topik ini tidak terbatas pada asuransi digital, pembayaran berbasis blockchain, dan layanan keuangan digital saja.

Logistic

Startup atau ide inovasi digital dan teknologi untuk memudahkan koordinasi dalam memindahkan barang atau lainnya dari satu tempat ke penyimpanan atau tujuan tertentu. Topik ini tidak terbatas pada smart shipping, sistem manajemen truk, warehousing-as-a-service, dan sistem pelacakan rantai pasokan.

Media & Entertainment

Startup atau ide inovasi digital dan teknologi di bidang pembuatan konten atau platform media hiburan. Topik ini tidak terbatas pada cloud gaming, e-Sport, pembuatan musik dan film berbasis teknologi, NFT, Metaverse, Social Media 2.0, hingga sistem manajemen festival atau konser.

Nah, tertarik untuk mendaftarkan startup atau idemu? Pendaftaran Astranauts dibuka mulai dari 8 Maret hingga 30 April 2023. Pendaftarannya dapat diakses melalui situs

Catat juga syarat dan ketentuannya sebagai berikut; peserta Astranauts adalah seluruh startup dan mahasiswa aktif dengan jenjang diploma, sarjana, atau magister di tanah air. Peserta dari kategori startup harus sudah memiliki Minimum Viable Product (MVP), dan product traction. Peserta dari kategori mahasiswa, dapat mengajukan ide yang belum diimplementasikan dan belum dikomersialisasikan.

Terakhir, pemenang Astranauts 2023 baik dari kategori startup dan mahasiswa akan mendapatkan hadiah uang tunai senilai total ratusan juta rupiah. Selain itu, para pemenang akan mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dan bergabung menjadi bagian dari Astra Startup Community (ASC)dan juga keuntungan lainnya. Tunggu apalagi, segera daftar, ya!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*