Gelontorkan US$ 800 Juta, PIS Bakal Remajakan 20 Kapal

Gelontorkan US$ 800 Juta, PIS Bakal Remajakan 20 Kapal

Peresmian kantor baru Pertamina International Shipping di Singapura. (CNBC Indonesia/Ayyi Hidayah)

PT Pertamina Internasional Shipping (PIS) menganggarkan anggaran belanja modal sebesar US$ 700 – 800 juta. Sebagian besar dari anggaran tersebut akan digunakan untuk peremajaan dan penambahan kapal baru demi mendongkrak bisnis perusahaan.

“Kapal PIS posisi per awal Januari 2024 berjumlah 98, sebanyak 20 kapal akan kami lakukan peremajaan, namun kami juga akan melakukan penambahan. Kami juga sudah memesan 15 kapal baru untuk 2026,” ujar Yoki Firnandi, CEO PIS, kepada CNBC Indonesia.

Langkah ini dilakukan untuk mendukung pertumbuhan bisnis perusahaan ke depan, dimana PIS akan semakin gencar mengincar pasar internasional di tahun ini. PIS bahkan menargetkan pertumbuhan pendapatannya bisa lompat tiga kali lipat ke angka US$ 9 miliar pada 2034.

“ini sudah kita propose ke Kementerian (BUMN), dan untuk mencapai target tersebut kami harus bertumbuh dan investasi secara konsisten tiap tahun,” lanjut Yoki.

Secara kinerja PIS melalui anak usahanya di Singapura dan cabangnya di Dubai ingin semakin eksis https://citykas138.com/ di internasional bisnis, dan menggarap peluang bisnis di seluruh dunia. Brazil dan Eropa juga menjadi target bisnis perusahaan selanjutnya, disamping terus melakukan penguatan internal, digitalisasi, serta tetap efisien dalam mengelola risiko, dinamika pasar, dan keamanan.

Seperti diketahui PIS memperluas kantor PIS Asia Pacific (PIS AP) yang berada di Singapura. Langkah ini dilakukan untuk mewujudkan visi menjadi perusahaan perkapalan dan marine logistik terkemuka di dunia.

Diketahui PIS AP merupakan anak usaha PIS, yang lahir pada 2018 dan menjadi motor utama pendapatan market non captive perusahaan yang terus berkembang setiap tahun. Kantor PIS AP resmi berpindah ke lantai 32, Gedung Millenia Tower untuk memfasilitasi kebutuhan penambahan pekerja yang lebih banyak seiring dengan meningkatkan permintaan pasar untuk bisnis global PIS.

Inaugurasi kantor baru PIS AP ini turut dihadiri Menteri Transportasi Singapura Chee Hong Tat, Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo, Komisaris Utama PIS Mochtar Husein, CEO PIS Yoki Firnandi, dan Direktur Tanker Minyak Mentah dan Minyak Bumi PIS Brilian Perdana. Seremoni pembukaan kantor PIS AP ini juga dihadir puluhan mitra kerja sama kelas dunia, seperti Petco Trading Labuan Company Ltd, PTT Thailand, Vitol, dan lainnya.

Selain inaugurasi, terdapat juga penandatanganan kerja sama dengan beberapa mitra global, di antaranya Memorandum of Collaboration (MoC) antara PTT International Trading Pte Ltd dengan PIS Asia Pacific, Memorandum of Understanding (MoU) antara PIS dan PPT Energy Trading Co., Ltd, dan penandatanganan kerja sama antara PIS dan PIS Asia Pacific.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*