Jokowi Kaget Kegiatan Universitas NU Jogja Belajar Robotik-Bitcoin

Jokowi Kaget Kegiatan Universitas NU Jogja Belajar Robotik-Bitcoin

Jokowi dalam acara resepsi Harlah Ke-101 Nahdlatul Ulama I UNU Yogyakarta. (Tangkapan layar youtube NU Online)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Hari Lahir (Harlah) ke – 101 Nahdlatul Ulama (NU) sekaligus meresmikan Gedung Universitas Nahdlatul Ulama di Yogyakarta, Rabu (31/1/2024).

Dalam sambutannya, Jokowi bercerita pada Januari 2020 lalu, menerima surat permohonan dari PBNU Yogyakarta dan PWNU Yogyakarta untuk membangun kampus UNU Yogyakarta. Karena beberapa organisasi lain sudah memiliki kampus.

Singkatnya, Jokowi akhirnya menyetujui pembangunan kampus itu. Namun, persetujuan itu bukan tanpa catatan.

“Saya https://sportifkas138.site/ setuju asalkan UNU Yogyakarta bukan dirancang untuk yang biasa-biasa saja, harus disiapkan jadi luar basa, menjadi lokomotif lompatan kemajuan,” jelasnya.

Kemudian kampus itu didirikan pada lahan seluas 1 hektare di dekat jalur ring road Yogyakarta. Jokowi langsung meminta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyiapkan anggaran untuk pembangunan kampus.

Hingga setelah rampung, Jokowi pun kaget kegiatan di kampus UNU Yogyakarta. Di mana pembelajaran yang dilakukan baik mengenai teknologi masa depan hingga bisnis dan investasi.

“Tadi saya juga kaget melihat ada yang belajar robotik, waduh, belok ke sebelah kanan lagi belajar bitcoin, belok ke kiri ada yang belajar reksadana, saham serta investasi. Waduh ini betul-betul lompatan, juga belajar mengenai AI,” kata Jokowi.

Untuk diketahui, pada kesempatan itu Jokowi didampingi antara lain Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Juga dihadiri oleh Menteri Energi dan Infrastruktur Uni Emirat Arab Suhail Mohammed Faraj Al Mazroui, sebagai utusan dari Presiden UAE Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

Dalam acara itu juga dilakukan kick off pembangunan MBZ College of Future Studies. Sebuah sekolah pascasarjana yang fokus pada kajian masa depan yang terafiliasi dengan UNU Yogyakarta. Jokowi pun mengucapkan apresiasi pada presiden UAE terhadap dukungannya ke Indonesia.

“Dukungan ini sangat penting bagi NU dan bagi masyarakat Indonesia untuk menyiapkan SDM masa depan yang menguasai pengetahuan dan keterampilan masa depan, untuk memecahkan masalah dan memanfaatkan peluang-peluang di masa depan agar Indonesia berada di barisan depan negara-negara maju,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*